Mengenal lebih tentang puasa. Kenapa penyakit lambung tidak kambuh

Tidak terasa bulan puasa tahun 2023 telah berlalu beberapa hari yang lalu. Banyak hal yang sudah kita lewati namun ada beberapa hal yang belum terjawab untuk saya pribadi, semisal kenapa penyakit lambung saya tidak pernah kumat saat puasa? Saya yakin diantara kalian juga pernah berpikir demikian, belum lagi tentang jenis puasa lain yang masih beragam layaknya puasa setelah ramadhan. Puasanya luas banget ternyata terlepas dari agama islam bahkan binatang pun berpuasa lho. 

Alasan Penyakit magh dan lambung jarang sembuh

  Saat berpuasa, aktivitas sel-sel tersebut berada di puncak kemampuannya untuk menjalankan fungsinya seperti memfagosit (memakan) mikroorganisme patogen (bakteri jahat) yang sebelumnya telah diserang oleh antibodi secara bersamaan. Berpuasa membuat lemak yang disimpan tubuh dalam jumlah besar dipindahkan ke hati untuk dioksidasi. Dari proses ini dikeluarkanlah racun-racun yang meleleh di dalamnya, kandungan racun dimusnahkan, kemudian dibersihkan bersama kotoran pada tubuh. J adi puasa menyebabkan kerusakan sel pada mikroorganisme jahat dan racun dalam tubuh. Ingat mikroorganisme jahat ya, jahat. 
  Puasa juga sangat cocok dijadikan salah satu cara untuk membantu diet, karena ketika berpuasa kita mengurangi zat gizi sekitar 20-30 persen kalau orang kurus memang bisa bikin anjlok tapi untuk orang berisi, puasa menjadi salah satu habit yang sangat direkomendasi (syukurnya saya cuma turun satu kg), tapi pertanyaan menariknya ialah kenapa penyakit lambung saya tidak pernah muncul kala puasa, kenapa ya? Hmm
    Ternyata puasa juga sangat baik untuk melatih kita pengidap asam lambung, penjelasan medis “Saat puasa minggu pertama umumnya ada penyesuaian kondisi perut kita yang terbiasa penuh menjadi kosong, sederhananya kita yang tidak bisa berada dalam kondisi perut kosong karena punya asam lambung mulai beradaptasi dengan kosong hal itu berefek membuat gejala maag bisa saja muncul dalam minggu pertama umumnya, namun kondisi lain yang tidak boleh kita dapatkan adalah ketika puasa, kita menghindari cemilan yang berkaitan atau mendorong penyebab timbulnya maag atau asam lambung seperti minuman soda, atau camilan lain yang memicunya baik makanan berat atau ngemil angin, siapa yang sahur minum pepsi atau makan mie ( Mie mungkin untuk kasus anak kos bisa jadi ya?) umumnya kita terkhusus lagi pengidap asam lambung dan sejenisnya menghindari kebiasaan tersebut, pasti tidak dilakukan selama pagi hari maupun sore hari karena sedang memasak. Jadi bisa dikatakan kita membentuk kebiasaan baru. Dan untuk poin keduanya adalah salah satu penyebab asam lambung kumat adalah stress, jadi umumnya orang yang berpuasa akan lebih bersabar dan mengendalikan stress. Hal-hal inilah yang menyebabkan orang yang mempunyai penyakit maag jarang kambuh saat puasa. 
  Menariknya, Bahkan di negara-negara maju, puasa dijadikan salah satu terapi puasa untuk penyembuhan beberapa penyakit. Karena faktanya puasa membentuk kebiasaan baru terkhusus puasa ramadhan dengan jadwalnya mencapai sebulan. Menurut jurnal terbitan 2009 “European Journal of Social Psychology, pembentukan kebiasaan dapat memakan waktu antara 18 hari sampai 254 hari sehingga puasa memenuhi syarat untuk membentuk kebiasaan baru.

Orang yang tidak boleh berpuasa, 

        Ada kasus dimana orang tidak boleh berpuasa karena uzur atau yang sakit dan hamil. Jikalau uzur (sudah cukup tua sehingga jikalau puasa bisa membahayakan fisik maka lepas tanggung jawabnya untuk berpuasa) jadi boleh tidak berpuasa dan tidak wajib mengqadha sebagai gantinya mereka diwajibkan membayar fidyah yaitu memberi makan seorang miskin atau diberi kira-kira 600 gram beras untuk setiap hari puasa yang mereka tinggalkan. Sedangkan untuk kasus wanita yang sedang menyusui atau hamil boleh memilih salah satu baik mengganti hari yang ditinggalkan atau membayar fidyah. Kasus ini juga berlaku bagi orang yang sakit.

Perkara yang membatalkan puasa

  • Makan dan minum secara
  • Haid dan nifas
  • Berhubungan suami istri
  • Muntah dengan sengaja
    Perkara yang membatalkan puasa 
Jenis-jenis puasa dalam islam

  Dalam islam sendiri ada banyak puasa yang bisa di praktekan, selain yang wajib di bulan ramadhan yaitu puasa syawal, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis “ Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan kemudian diikuti dengan 6 hari puasa di bulan Syawal maka seolah-olah dia berpuasa sepanjang hari hari masa.” kemudian Puasa Senin Kamis bagaimana, puasa pertengahan bulan tanggal 13 14 15, Puasa hari Asyura yang dilakukan 10 Muharram, hingga puasa “Nabi daud” dalam sebuah riwayat disebutkan Ada seorang sahabat bernama Abdullah bin Umar beliau biasa melakukan shalat malam di malam dan puasa di siang hari.Melihat itu rasulullah mengingatkan untuk tidak lupa istirahat dan tidur karena badan kita punya hak atas diri kita istri juga punya hak atas diri kita ada tamu yang berguna punya hak atas diri kita mengambil puasa puasalah 3 hari dalam satu bulan. Ternyata Abdullah bin Umar merasa mampu berpuasa lebih dari itu rasulullah pun menyarankan untuk berpuasa 3 hari dalam seminggu dan ternyata Rasul masih sanggup berkata kalau begitu berpuasalah seperti nabi Daud dan jangan lebih dari itu. Makna dari puasa nabi daud ialah puasa 1 hari dan buka satu hari. salut gak kebayang kalau semisalnya yang di wajibkan itu ialah puasa ala nabi daud.

Hewan juga berpuasa 

        Berpuasa tidak sekedar dipraktekan di islam, beberapa agama lain juga mempraktekannya bahkan hewanpun mempraktekkannya secara alami. Sederhananya saya ambil contoh ketika seekor beruang melakukan hibernasi yang mana posisinya menahan diri dari makan dan minum dalam jangka waktu yang panjang hingga pergantian musim, mereka mengandalkan lemaknya untuk bertahan dan jauh sebelum musim dingin tiba sudah mempersiapkan bekal. Contoh hewan lain adalah ular, buaya, katak, lemur, bahkan kasus lain seperti kondisi seekor ayam sedang mengerami telurnya, mereka tidak makan beberapa hari. Kasus tersulit untuk hewan bisa menahan diri dari makan termasuk siput yas, soalnya mereka bisa tidur selama 3 tahun lamanya. Jadi kepikiran kan, seketika saya langsung merasakan dengan kisah ashabul kahfi yang tertidur lebih dari 300 tahun.

#puasa #hikmahpuasa #puasasegikesehatan #ramadhan #puasabulanramadhan

4 comments:

  1. Paling susah ngelanjutin puasa sunnah pasca Ramadhan. Padahal awal-awal bulan syawal semangat masih menggebu, eh pelan-pelan malah balik lagi ke kebiasaan lama. Akhirnya ga kekontrol lagi, hiks

    Mungkin suasana ramadhan beda ya. Pada tutup juga warung dll gitu. Jadi bikin kita lebih semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar faktor lingkungan, yg ngajakin makan dan godaan lain gak bisa di bantah,

      Delete
  2. Aku ngerasain sendiri kalo selama puasa maag ku jarang kambuh. Malah bisa dibilang sudah sangat jarang. Ramadhan selesai nanti, aku tetep ikutin intermitten fasting mba, yg mana puasa 16 jam. Kalo aku start makan jam 11 siang, berehnti makan jam 7 malam.

    Jadi lambung dilatih untuk beristirahat juga. Malah lebih enakan, badan juga berasa enteng. Ga begah

    ReplyDelete
  3. Benar dulu di SMA puasa sunnah enak banget karena ramai2, tapi giliran kuliah kerasa beda ign kaj Sunnah yg wajib ganti aja udah di akhir ambang gantinya

    ReplyDelete