Pucok Krueng, Wisata Komplit sembari mengintip kriteria daerah yang memenuhi syarat kawasan karst





Setelah sebelumnya mendaki di Data Luah, Sesi kali ini kita bercengkrama lagi dengan wisata alam yang mengalir tepatnya berada di Mon Ikeun, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Adapun nama tempatnya ialah Pucok Krueng. Semula kami tidak berniat kesini namun candangan selalu ada untuk berjaga- jaga alhasil nyasarlah kami disini hoho. oya perjalanan kali ini gak kalah berdrama, saya pergi cuma bertiga dan kak nurul sebagai navigator, kami menjelajahi wisata alam dengan melewati daerah tambang yang masih aktif, jadi dalam perjalanan berapa kali bertemu dengan truck besar, tak lupa berapa kali kami di buat takjub sekaligus bingung ketika melihat gunung yang membludak besar ukuranya bisa di hancurkan oleh berapa mesin ciptaan manusia kerdil dengan mudahnya. Saya bahkan sempat mengabdikan beberapa photo untuk dikenang di kemudian hari. (nak jalan yang kalian lihat ini dulu berupa gunung ini buktinya, ) seketika ingat momen orang tua saya bercerita sekiranya tempat tinggal kami sekarang berupa lautan puluhan tahun lalu huhu.




     Perjalanan kali ini memang tidak seterjal jalanan tempo lalu tapi tetap menyisahkan cerita menarik ketika kami berhasil mampir ke kawasan pertambangan dan bisa melihat bongkahan besar batu gunung yang membatu kokoh disitu. Kami sempat mampir dengan alasan menanyakan rute terbaik ke sana (baca pucok krueng ) karena kondisinya kami pergi melalui wisata lain yang ternyata tidak sesuai harapan sehingga untuk menghemat waktu kami ambil jalan pintas untuk menuju ke wisata cadangan. Btw saya pribadi gak nyangka ada fortuner mampir ke sini karena jalannya yang bikin “sayang mobil” mean sekelas fortuner kala itu mampir ke jalan di mana kami di hadang oleh rosali ( baca : rombongan sapi liar) dengan banyaknya tanaman liar yang bisa nampar sesekali jikalau terheran heran, fortuner itu berhasil keluar dan saya yakin ada lecetnya, saya membayangkan jikalau jalan ini memang bisa dilalui mobil bahkan sekelas truk tapi saya yakin mobilnya tidak keluar tanpa jadi lecet, hmm beda kondisi jika memang sejenis jeep yang culik anak kecil, atau mobil dua kursi yang umumnya narok ternak, mungkin fortuner ini hanya alat untuk menyalurkan hobi si empunya.



     Tara akhirnya kami sampai ke lokasi, sungguh diluar dugaan ternyata tempatnya searamai ini. Kala itu saya telat sadar ternyata sedang ada acara, tapi ini tidak terlihat seperti kemah karena tendannya cukup mewah. seketika ingat fortuner, pantesan sekelas fortuner bisa main kesini. Oya untuk kalian yang ingin kesini tempat nya terbuka dari jam 09.00 WIB - 17.00. dengan dana masuk 5.000.- kalian sudah bisa menikmati keindahan seluruh alam Pucok Krueng yang sangat alami. Tempatnya juga cukup welcome artinya fasiltas yang didapatkan sudah cukup memadai untuk wisata alami, ada kamar mandi tempat rebahan tapi tidak dengan fitur tempat photo ala lope atau warni warna. Pucok krueng bisa disebut sebagai pemandian alami yang berasal dari hulu sungai yang bermuara di pantai lhoknga, uniknya lagi di temukan sejumlah gua yang mengalirkan air ke sungai-sungai. Bahkan ada yan berunjung cukup panjang jika ditelusuri yaitu sampai ke lamno, Aceh jaya, sungguh menarik dan mengerikan bagi saya membayangkannya. Menariknya lagi dalam reverensi saya menemukan informasi jikalau tempat ini berpotensi sebagai kawasan kars tingkat 1, untuk yang belum tahu Karst sendiri merupakan ekosistem kompleks, dengan sungai penyimpan air bawah tanah, kawasan mineral tak terbarukan, serta tempat tinggalnya berbagai jenis flora dan fauna. Jadi tempatnya memang sangat adem, bahkan satu sisi versi air hangat pun tersedia, sayangnya dalam reverensi lalu yang saya cari pihak penyelidikan telah meminta rekomendasi wilayah itu ditetapkan sebagai kawasan kars kelas 1.“Tapi hingga kini belum ada respon dari Pemerintah Aceh Besar. Dikhawatirkan, kawasan kars tersebut terdampak kegiatan pertambangan yang ada di sekitarnya. sebuah berita yang sangat saya sayangkan sekiranya tempat ini juga disentuh oleh daerah pertembangan

    Bagi saya tempat wisata ini paling komplit, kalian bisa menemukan air dingin dan hangat disertai ekosistem yang komplit dan gua yang bisa dijelajahi sedemikian panjang dan indah. Belum lagi kalian yang sedang banyak beban bisa lompat cantik dari tebing dengan gaya tapi tak mati . Tempat ini menyajikan banyak hal tyang kalian gemari, tapi untuk kawasan pinggiran banyak berbatu untuk berendam, kondisi kala itu saya bergaya dengan gamis karena perjalanan kesini adalah cadangan alhasil saya cuma numpang cekrek di pinggir karena kondisi pakaian yang tidak menolong untuk mandi. ( Beritanya kini sudah dilarang mandi) menariknya tempat ini disebut sebagai salah satu tempat pemandian para raja juga lho walau potret tempatnya tidak berbingkai laykanya teman putro phang dan sejenisnya. Adapun  jalannya gak terlalu brutal dan waktu tempuhnya tak sampai sejam jadi masih aman. Berikut sedikit gambaran kasarnya melalui video.







#traveler #travel #travelgram #traveling #travelphotography #indonesia #bali #travelblogger #wanderlust #instatravel #travelling #vacation #nature #photography #trip #holiday #traveller #adventure #instagood #explore #travelingram #photooftheday #traveltheworld #travelblog #travels #traveladdict #love #tourism #tourist #beach









2 comments:

  1. Udah lama ga baca istilah rosali 🤣🤣🤣🤣.

    Lhoknga aku tau, tapi trakhir kesana pas masih kecil, jadi jujur ga ingat mba seperti apa tempatnya 😂.

    Ya ampuuun ngeliat airnya yg hijau begitu jadi pengeeeen banget nyebuur 😍😍, berasa lah segernya itu. Apalagi Medan kesana juga ga mulus2 banget kan.

    Yg aku kangenin dari Aceh, wisata alamnya yg masih banyak ga terjamah. Jadi lebih alami

    ReplyDelete
  2. airnya bening tapi pasti dilarang untuk beraktivitas didalam na ya mbak

    ReplyDelete