Barat ke Timur mengenang sebuah kisah kasih di titik tengah indonesia


Cerita ini bukan sekedar campaign namun kisah kasih di perjalanan yang singkat kala itu. Sekiranya kalian sedang tak santai, maka terima sarannku untuk melewati diary milenial ala diriku, inia lutarfus.
                “Disanalah kami berjumpa tanpa membuat janji terlebih dahulu” : Kata orang, penggunaan kata takdir selalu melewati momen dramatis. Namun saya tidak menemukan scenario tersebut dalam cerita kali ini, lebih tepatnya saya percaya dengan istilah takdir, namun tidak dengan syarat bumbu-bumbu  dramatisnya.

                Hallo kenalin “aku Sufra senang banget bisa jumpa kamu lho” Begitulah suara hati mulai membantin. Ah tiba-tiba teringat sinetron yang suara hati bisa diketahui para penonton, ckck. Singkatnya saya tak berani menyampaikannya, entah karena terlalu pendiam, atau takut dia tak paham hingga mempersulit ia dalam menerjemahkannya. Akhirnya saya memendam dan memilih bercerita melalui tulisan saat ini. Hmm sedikit menyesal mengingatnya, mungkin ini menjadi PR untuk saya agar belajar bahasa baru atau lebih tepatnya bahasa isyarat.
                Namanya Sifra, gadis pendiam ini mempunyai nama yang hampir serupa dengan ku, bedanya hanya penggunaan huruf konsonan satu, Dia Sifra dan aku Sufra, sesuatu banget, terutama ketika sadar  saya dari pulau paling barat Indonesia bertemu dengan dia yang berasal dari pulau paling timur Indonesia di titik paling tengah Indonesia. Pertemuannya dengannya terbilang singkat namun, mampu menggali kenangan lama tentang seseorang yang terkubur rapat.”  
                                                                               
                                                                                                                    *****
         Status maba mempertemukan saya dengan seorang anak yang berasal dari papua. Kita sekelas tapi tak sekarib kelas di SMA.  Kalian pasti tahu Mk Umum bagaimana sistemnya. Saya hanya sekedar tahu nama karena pernah melihat dia muncul kala diskusi tentang Freeport, ya seorang lelaki padang menyebut contoh Freeport sebagai PR lama yang tak becus diselesaikan, Dan saat itulah dia muncul dengan narasi kotra pada lelaki tersebut, Singkat cerita dia berdebat panjang dalam artian dia terniat membela Freeport. Saya yang se idealis dengan si lelaki lebih memilih diam, bukan karena persoalan takut berdebat tapi tidak ingin Berlagak menjadi tuan rumah yang lebih tahu tentang kondisi itu, dan dari diskusi tersebut  saya berseluncur lebih tentang mosi ini, dan ternyata banyak juga tokoh penting papua yang memilih diperpanjang alasannya juga beragam sesuai dengan keuntungan masyarakat sekitar hingga kelihaian humasnya. Dari sinilah saya pahami bahwa setiap orang berbicara sesuai kadar pengalamannya jadi saya tidak bisa berkata saya paling benar atau dia yang paling salah, karena pengalaman dia memberikan pemahaman demikian. Begitupun saya,  sebesar apapun peluang yang ditampilkan saya masih  tetap pro dengan si lelaki padang dengan dalih sampai sekarang papua masih tidur diatas emas yang kadang beratapkan langit langsung, belum lagi melihat bangkai tambang yang tidak bisa diperbaiki. Namun disini saya mencoba menghormati perbedaan pendapat dengan landasan diatas tadi, “kita berbicara sesuai pemahaman, jadi yang perlu saya lakukan ialah mentolerir pendapatnya walau sejujurnya saya tak seide denganya. Wah akhirnya saya bisa mempraktekan toleransi tingkatan ke dua Yes..!!berdamai dengan perbedaan pendapat.

           Setelah tiga tahun berpindah ke kampus tetangga, tanpa sadar bulan puasa 2018 saya bertemu dengannya di belakang masjid raya baiturahman, sejujurnya tak niat menyapa karena memang tak akrab, “Hai mar,” namun jiwa sangguinis tiba-tiba saja muncul, sontak dia terlihat bingung, namun dalam bingung dia membalas menyapa untuk menolong saya yang terlihat kobong, duh dia terlihat berpikir keras sejatinya pernah jumpa tapi lupa nama dan dimana, “Kita pernah satu mk umum dulu, waktu aku masih di ekonomi sekarang aku pindah kampus.” Tambahku untuk membantu menjawab rasa penasaranya “Owalah, aku ingat! Ya ampun apa kabar ” katanya terlihat antusias sambil memeluk saya secara spontan. Dan sekarang saya yang terkejut karena berulang kali ketemu dengan teman lama dari fakultas yang sama tak ada yang merespon seantusia begini. Bahkan sebaliknya untuk orang yang  masih terlihat asing ternyata lebih ramah kala berkesempatan jumpa lagi. . Saya masih ingat kala terakhir ucapan sebelum berpisah “semangat puasanya” bentar lagi berbuka. Duh dia lebih peduli ketimbang doi yang tak pernah kabarin Dari sinilah saya mulai tertarik dengan papua lebih dari daerah metropolitan lainnya. Dia terlihat cukup ramah dalam mempraktekan keragaman. Karena umumnya ada sekolompok orang yang kala pergi kesebuah daerah, kota atau negeri akan memilih bergabung dengan komunitas asal / tidak membaur dengan masyarakat sekitar. Saya belajar toleransi dari sekolompok orang seperti dia,  yang mana bisa mempraktekan budaya berbagi kasih  dimanapun berada. Karena saya percaya kelak saya akan menjadi minoritas di negeri orang entah sebagai mahasiswa, bekerja atau sekedar happy-happy. 

             Dear readers " Tak masalah dengan perbedaan, karena dengan berbeda kita bisa belajar menghormati keragaman. kelak dunia akan lebih warna-warni lagi, begitupun dengan perjalannmu nanti.

2 comments:

  1. Saya mungkin termasuk yang beruntung karena telah berteman dengan berbagai suku dan agama dari berbagai pelosok Indonesia sejak tahun 2007 sehingga toleransi bukan hal baru bagi saya.. kalau masalah perbedaan pendapat, ini sih yang susah :D

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu juga begitu namun dari karena dia saya belajar menghargai perbedaan pendapat wlaau kadang pendapatnya terlalu kacau untuk saya terima ckck

      Delete