Gunakan seperlunya, jaga seutuhnya

Jika ambil habiskan atau tidak sama sekali!! Mungkin, beberapa dari kita terlihat tidak asing dengan kata tersebut. Faktanya kata ini sering dilontarkan oleh para pendahulu diacara resepsi hingga hajatan yang menyediakan air aqua gelas. Dan bagi kita yang kala itu berusia 7 sampai 10 tahun.Hmm kata-kata tersebut akan terlihat kejam, “Pelit banget air satu aja pakai ngancem” hihi jadi kebayang sendiri jadinya. Tapi hari ini, kita sudah tahu makna dari pesan lama yang tak bertuan itu.


Bumi kita memang didominiasi oleh air, bahkan 70% bagian bumi ditutupi oleh air, namun tahukah kita, jikalau air yang layak dikonsumsi dibumi kurang dari 3%? bahkan ada yang menyebutkan 1% saja! Karena 69 % lainnya berupa air laut alias air asin. Sangat disayangkan namun begitulah faktanya, bahkan 1 % air yang bisa dikonsumsi itu juga pengalami pejabaran artinya 69% dari air tawar yang bisa dikonsumsi berupa salju abadi dan 30 % l lainya berasal dari dalam tanah, hanya 1% yang berasal dari sungai, sumur, hingga rawa. Dan itupun belum tentu layak untuk langsung dikonsumsi.

Alasanya ialah, 1% air tawar yang bisa dikonsumsi itupun akan mengalami banyak tantangan. Yaitu semisal terkontaminasi dengan segala penyakit karena kurangnya kesadaran pola hidup bersih. Contoh yang paling mudah ialah polusi air yang mana dengan mudah kita dapati orang membuang sampah kesungai, kali, hingga kelaut yang mana mencemari air bahkan bisa merusak habitat makhluk hidup disana. Sungguh disayangkan melihat melihat kondisi hari ini. Air yang layak dikonsumsi sudah sangat terancam tapi kita masih kurang kesadaran tentang pentingnya air. Padahal diluar sana ada orang yang meninggal karena kekurangan air, bahkan mereka yag tersedia air pun bisa meninggal karena air yang sudah terkontaminasi. Menurut UNICEF ada 3000 anak yang meninggal setiap hari karena mengkonsumsi ar yang terkontaminasi. 


Sungguh sangat disayangkan mengingat jikalau air bukan sekedar untuk kehidupan kita manusia tapi juga menjad habitat lain selayaknya binatang, baik yang yang bermuasal dari dalam air hingga di daratan dan tumbuhan yang menjadi zona kebutuhan kita juga. Data menunjukan 70 % air tawar digunakan untuk pertanian. 22% untuk industri dan 8% untuk kebutuhan domestic, baik itu mencuci, mandi dan minum. Air kebutuhan primer selayaknya udara jagalah ia maka ia akan memberkahimu. Selamatkan kehidupan dengan yg paling muda, gunakan air seperlunya, jaga air seutuhnya. Ingat jangan mubazir dan jangan sampai terkontaminasi.


No comments:

Post a Comment